Blog

Waktu Yang Tepat untuk Mengirim Email Marketing

- Updated January 31, 2014

Kunci sukses dalam email marketing salah satunya adalah mengirim email pada waktu yang tepat. Variabelnya sebenarnya banyak sekali, tapi kali ini kita mencoba menggunakan common sense bahwa yang menerima email kita adalah para pekerja ataupun pengusaha.

 

09.00 – 10.00 (WAKTU TERBAIK)

Jam terbaik untuk mengirim penawaran adalah pada jam 09.00 – 10.00. Pada waktu tersebut, para pekerja baru saja memulai konsentrasi menjalankan aktivitas pekerjaannya, termasuk membuka email. Sehingga jika Anda mengirim email pada jam ini, kemungkinan besar email Anda akan dibaca.

 

10.00 – 12.00

Pada jam ini sebagian besar orang akan fokus pada pekerjaannya dan sudah agak mulai kelelahan. Sangat kecil kemungkinan untuk email Anda dibaca.

 

12.00 – 14.00

Pada jam ini adalah waktunya istirahat, sehingga kemungkinan besar email Anda tidak akan dibaca.

 

14.00 – 15.00

Waktu ini sering disebut dengan “In the Zone”. Salah satu alasannya karena orang yang bekerja baru kembali dari istirahat makan siang, dan akan mulai kembali bekerja. Mereka hanya akan menanggapi email penawaran yang berkaitan dengan jasa keuangan.

 

15.00 – 17.00

Pada saat ini, orang akan lebih sering membaca email yang berhubungan dengan pekerjaan mereka. Cocok jika menawarkan sesuatu yang berkaitan dengan properti dan jasa keuangan. Siapa sih yang ga butuh tempat tinggal dan uang ? 🙂

 

17.00 – 19.00

Pada jam ini kemungkinan besar email Anda akan dibaca oleh pekerja yang sedang lembur. Dan sangat kecil kemungkinan akan dibuka oleh pekerja yang sedang bersantai dengan keluarga di rumah. Sebaiknya Anda perlu menguji terlebih dahulu seberapa respon dari subscriber jika Anda mengirim email pada jam ini. Tolak ukur respon bisa didapat salah satunya dari jumlah klik pada link yang Anda sertakan di email.

 

19.00 – 22.00

Pada jam ini orang-orang pada umumnya sudah tidak terlalu sibuk. Mereka cenderung ingin santai, dengan mengerjakan hobi mereka misalnya. Jadi lebih cocok jika Anda mengirimkan email yang berhubungan dengan hobi, misalnya  fashion, olahraga, kuliner, spiritual dan lain sebagainya.

 

22.00 – 09.00 (WAKTU TERBURUK)

Waktu terburuk untuk mengirim email penawaran adalah pada pukul 10 malam hingga jam 9 pagi. Ketika subscriber menerima sebuah email yang tidak terlihat penting atau mendesak, mereka akan dengan mudah mengabaikannya.

Jumlah Kunjungan :12808

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.