Blog

Pentingnya Melakukan Follow-Up Melalui Email Series

- Updated March 8, 2014

Inti dari email marketing dengan menggunakan autoresponder adalah untuk melakukan follow up secara otomatis. Poinnya adalah di sisi OTOMATISASI inilah sebenarnya fungsi dari autoresponder, selain untuk membangun list dan melakukan pengiriman email secara massal seketika (email broadcast/blast).

Lalu kenapa kita harus menggunakan autoresponder ?

Hal yang paling penting dalam bisnis internet adalah TRAFFIC, baik yang berbayar maupun gratisan. Benar kan ?

Coba Anda pahami benar-benar kalimat di atas. HAL PALING PENTING DALAM BISNIS INTERNET ADALAH _______

Nah, masing-masing jenis traffic itu ada kelebihan dan kekurangannya.

Fungsi dari autoresponder di sini adalah sebagai “penangkap” traffic yang masuk ke web kita, baik traffic berbayar maupun gratisan, sehingga kemudian hari kita bisa lakukan follow up melalui email secara otomatis.

Follow up inilah yang POWERFUL dalam pemasaran. Orang sekali datang ke web kita belum tentu mau beli produk yang kita tawarkan. Tetapi ketika kita lakukan follow up secara intens, maka mereka akhirnya mulai mengenal produk kita dan mau untuk datang ke web kita lagi. Inilah yang disebut dengan RE-TRAFFIC!

http://i.imgur.com/LBRhGx6.png

Lakukan follow up berkali-kali ===> subscriber mau berkunjung ke web kita kembali untuk melakukan pembelian (RE-TRAFFIC)

Jadi, kita bisa mengirimkan traffic kembali (re-traffic) ke web kita dengan memanfaatkan traffic yang sudah ditangkap oleh autoresponder sebelumnya. Menarik bukan ? Dan kita bisa mendatangkan traffic ini berkali-kali sesuka kita.

Proses “penangkapan” traffic pertama kali itulah yang disebut dengan LIST BUILDING (membangun daftar kontak/list). Penangkapan ini tidak hanya berupa email saja, tapi juga bisa berupa nomer HP, alamat, kegemaran dll.

Hampir semua bisnis besar di dunia memiliki daftar kontak. Tidak hanya bisnis online, tapi bisnis offline sudah dari ratusan tahun yang lalu menggunakan teknik list building ini.

Jadi inti list building sebenarnya simple : tangkap trafficnya, ambil datanya, lakukan follow up (engagement), tawarkan produk yang mereka sukai.

Banyak orang sebenarnya tahu cara menangkap traffic, tapi tidak tahu harus melakukan apa setelah itu… Maka harus belajar bikin EMAIL SERIES.

 

Jumlah Kunjungan :37796

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.