Blog

[PENTING] Jangan menggunakan email YAHOO sebagai “FROM ADDRESS” autoresponder

- Updated May 29, 2016

Baru-baru ini kami mendapati bahwa banyak subscriber yang menggunakan email yahoo dan gmail saat mendaftar di optin, maka akan langsung masuk di daftar BOUNCES. Demikian pula subscriber yang sudah aktif, khusus yang emailnya menggunakan gmail dan yahoo akan langsung masuk daftar bounces ketika menerima broadcast email ataupun email series.Hal ini ternyata akibat autorespondernya menggunakan alamat email yahoo.

Setelah kami lakukan pengecekan lebih lanjut, kejadian ini memang tidak serta merta terjadi pada semua akun yahoo, tapi secara garis besar mulai terjadi pada awal bulan April 2014. Sepertinya hal ini terjadi karena semakin ketatnya filter gmail dan yahoo.

Berikut ini contoh pesan bounces yang kami terima pada kasus dimana email autoresponder menggunakan yahoo dan penerima (subscriber) menggunakan gmail :

SMTP error from remote mail server after end of data: host gmail-smtp-in.l.google.com [74.125.129.26]: 550-5.7.1 Unauthenticated email from yahoo.com is not accepted due to domain’sn550-5.7.1 DMARC policy. Please contact administrator of y

Dan pada kasus dimana email autoresponder menggunakan yahoo dan penerimanya juga menggunakan yahoo, berikut ini pesan bounces yang diterima oleh sistem kami :

SMTP error from remote mail server after end of data: hostmxapac.mail.gm0.yahoodns.net [106.10.166.52]: 554 5.7.9 Message not accepted for policy reasons. See http://postmaster.yahoo.com/errors/postmaster-28.html

Dan berikut ini keterangan yang didapat dari http://postmaster.yahoo.com/errors/postmaster-28.html :

————————————————————————————————–

Pesan tidak bisa masuk ke yahoo karena yahoo tidak dapat menverifikasi bahwa itu berasal dari sumber pengiriman email yang SAH.

Pesan Anda gagal karena satu atau lebih dari pemeriksaan otentikasi industri yang yahoo gunakan untuk menverifikasi email adalah benar-benar terkirim dari doman yang mereka klaim itu berasal. Antara lain : DKIM, SPF, DMARC

  • DKIM (Domain-Keys Identified Mail)
  • SPF (Sender Policy Framework)
  • DMARC (Domain-based Message Authentication, Reporting and Conformance)

Standar ini didesain untuk mengurangi pengguna email dari pesan yang berbahaya dan sudah diadopsi oleh semua email provider besar dan banyak perusahaan teknologi.

DMARC

Tes otentikasi terbaru yang Yahoo telah memasukkan adalah DMARC. Fungsinya adalah untuk melakukan pemeriksaan berikut:

  • “From” address harus sama dengan domain pengirim
  • Pesan dari sebuah domain harus sama dengan domain di “From” header

Berikut ini contoh sebuah DMARC record:

v=DMARC1; p=quarantine; sp=reject; rua=mailto:dmarc.report@yourdomain.com

Pada contoh ini, Yahoo akan menkarantina email yang DKIM dan SPFnya gagal pada domain Anda, dan pesan yang mirip dari subdomain akan ditolak. quarantine emails that fail DKIM and SPF for yourdomain.com, and similar emails for sub-domains from yourdomain.com will be rejected. Keseluruhan laporan akan dikirim ke dmarc.report@domainanda.

————————————————————————————————–

Semua user yang menggunakan email yahoo sebagai “from address” sudah kami beritahu dan subscriber yang bounces sudah kami aktifkan kembali.

Kesimpulan :

1. Untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan ke depannya, jangan menggunakan email gmail dan yahoo sebagai email “DARI” dan “BALAS” autoresponder Anda.

2. Gunakan email dengan nama domain Anda sendiri saat mensetup autoresponder.

http://i.imgur.com/QZrqqax.png

 

3. Jika autoresponder anda sudah terlanjur menggunakan yahoo, silahkan ubah sekarang. Anda hanya perlu login ke ar.viosender.com, lalu pilih autoresponder yang ingin Anda edit, kemudian pada menu “KONFIGURASI”, silahkan klik “Ubah Info Autoresponder“. Lalu ganti email yahoo dengan email nama domain Anda sendiri. Jika Anda tidak mempunyai domain sendiri,¬†Anda bisa order domain dan hosting di http://klikhost.com/hosting.

http://i.imgur.com/aLZuEqO.png

http://i.imgur.com/j9qy2i7.png

 

Jumlah Kunjungan :30547

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.