Blog

Formula Sukses : Lakukan UNDER-PROMISE dan OVER-DELIVER

- Updated March 6, 2014

http://i.imgur.com/FzAPqdh.png

Terkadang pembeli berpikir “kok saya sudah beli tapi tidak dihubungi ya sama penjual”, sehingga mereka berpikir bahwa kita “kurang care”. Ekspektasi mereka bahwa ketika membeli sebuah produk, maka mereka akan mendapatkan perhatian dari penjual, paling tidak sekedar menanyakan apakah ada kesulitan atau masukan.

Anda harus bisa membayangkan apa yang menjadi ekspektasi pembeli terhadap produk Anda. Lakukanlah UNDER PROMISE dan OVER DELIVER.

Apa itu UNDER-PROMISE dan OVER-DELIVER (UPOD) ?

Ini adalah strategi bisnis dimana kita menaruh standar yang rendah, lalu memberikan sesuatu melebihi standar itu.

Contoh pada dunia hosting misalnya : Orang beli paket hosting 1 giga, lalu beberapa hari kemudian diberikan BONUS FREE UPGRADE 1,2 Giga. Kira-kira kalau Anda menerima bonus seperti ini, bagaimana perasaannya ? Secara common sense, pasti over expectation kan?

Terkhusus untuk produk digital, buatlah email berseri yang akan terkirim otomatis bbrp hari setelah mereka beli. Anda bisa berikan OVER DELIVER (memberikan lebih dari yang seharusnya) dengan cara memberikan BONUS EXTRA! Bisa dikirim 2-3 hari setelah mereka beli. Setelah itu, baru 3 hari kemudian Anda bisa tawarkan produk yang lain.

Dengan melakukan over deliver ini, pembeli akan merasa tidak memiliki alasan lain untuk tidak loyal kepada Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.