Blog

Cara Membuat Trigger Marketing di VIOSENDER

- Updated February 13, 2015

Trigger marketing berfungsi untuk autofollow up ketika ada “action” dari subscriber berupa klik ke halaman yang kita inginkan.

Misalnya list kita tentang “internet marketing”. Lalu kita kirimkan penawaran tentang produk “twitter marketing”. Nah, di dalam email broadcaster tersebut ada link menuju landing page atau langsung ke offer kita. Jika subscriber mengklik link tersebut, maka secara otomatis dia akan mendapatkan autofollowup dari autoresponder lain yang telah kita setting.

Sebut saja autoresponder tentang “internet marketing” itu tadi adalah AUTO A. Lalu kita buat autoresponder lain (AUTO B) yang khusus membahas informasi dan penawaran terkait “twitter marketing”. Autoresponder B inilah yang akan dijadikan sebagai autofollow up TRIGGER MARKETING.

Nah, link “action” yang ada di email broadcast AUTO A itu adalah sama dengan “subscription by link” ke Auto B. Jadi begitu diklik, maka dia otomatis terdaftar di AUTO B dan langsung diarahkan ke halaman lain yang kita inginkan. Dan seketika itu dia akan mendapatkan email follow up dari AUTO B secara berseri.

Sampai di sini paham ya? 

Konsep trigger marketing melalui email kurang lebih seperti itu. Dan konsep ini bisa diaplikasikan pada web membership, wordpress dll asal ada TAG Nama dan EMAIL.

Pada tutorial ini, saya menggunakan jenis optin Single Optin pada AUTO B agar tidak perlu konfirmasi lagi ketika subscribe.

Ok, mari kita berikan langkah-langkahnya secara detail :

1. Login ke http://ar.viosender.com

2. Asumsinya bahwa Anda sudah mempunya Auto A dengan sejumlah subscriber. Lalu silahkan buat Auto B yang akan berfungsi sebagai autofollowup trigger marketing.

3. Buat email series di AUTO B sebanyak 7 buah dengan jeda 1 hari. Anda bisa membuat email 1-3 berupa edukasi pentingnya twitter marketing. Sedangkan email ke-4 adalah pengingat untuk promosi produk yang mengupas tentang twitter marketing. Lalu email ke-5 berupa edukasi dan motivasi. Baru email ke 6 dan 7 adalah promo terakhir yang “memaksa” subscriber untuk segera membeli produk tersebut karena mereka akan menyesal kalau ga beli (scarcity berupa : harga segera naik, produk unik tidak ada di tempat lain)

3. Pada menu “Konfigurasi”, silahkan klik “URL Redirect setelah klik link email konfirmasi (double optin) atau setelah isi form (single optin)“. Silahkan isi URL landingpage ataupun sales page.

Setting sudah selesai. Sekarang saatnya mengirimkan broadcast email pada AUTO A. Pada call to action email, silahkan sertakan link dengan format berikut :

http://ar.viosender.com/subc.php?aid=XYZ&lfname=[FIRSTNAME]&lemail=[EMAIL]

Silahkan ganti XYZ dengan ID Autoresponder B.

Selamat mencoba!

 

 

Jumlah Kunjungan :5592
Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.