Blog

Cara Membuat Optin Form Yang Menarik

- Updated March 19, 2014

Optin form adalah cara agar kita bisa mendapatkan data nama dan email pengunjung secara sukarela dan senang hati. Ingat! secara sukarela dan senang hati.

Bagaimana caranya agar orang mau sukarela memberikan data nama dan email mereka? Yaitu dengan memberikan BONUS / Hadiah yang mereka butuhkan. Hadiah itu bisa berupa katalog, ebook, video tutorial, audiobook, update artikel / newsletter ekslusif secara gratis dll.

Berikut ini data berdasar hasil survey di internet tentang penempatan optin yang menarik banyak subscriber :

  • Popup: 37.8% (Pop Up Besar, desain yang bagus, Cover Ebook Yang Besar)
  • Sidebar: 20% (Teks saja, tombol “call to action” yang menarik)
  • Footer: 19.7% (Teks saja, tombol “call to action” yang menarik)
  • Signup Page: 3.2% (Halaman tunggal, bukan seperti squeeze page)
  • Lain-lain : 10.4% (Artikel khusus disertai optin untuk daftar dll)

Dari data di atas, jelas bahwa optin POP UP akan sangat membantu kita untuk memperoleh banyak data email. Tapi perlu diingat bahwa tampilannya harus besar, desainnya bagus dan cover ebooknya cukup besar. Jangan membuat optin POPUP yang terlihat kecil.

Pop up optin memang bagus untuk menjaring subscriber pemula, tapi hal ini akan sangat mengganggu bagi mereka yang lama berkecimpung di dunia online, karena bisa jadi setelah melihat optin pop up malah mereka langsung close tab browser mereka. Pertimbangkan peletakan optin di sidebar, header, atas artikel maupun bawah artikel, karena hal ini tidak terlalu mengganggu mereka. Dengan CALL TO ACTION yang jelas, deksripsi yang jelas tentang apa yang akan mereka dapatkan, maka Anda akan mendapatkan peningkatan jumlah subscriber yang signifikan.

Anda bisa menggunakan plugins wordpress yang bisa menampilkan optin form di atas dan bawah artikel serta sidebar. Saya sarankan di ketiga area itu saja, bisa disesuaikan dengan kondisi themes wordpress Anda. Untuk hasil terbaik, sebaiknya Anda lakukan tes beberapa kali, dimana posisi yang tepat untuk mendapatkan banyak subscriber tanpa harus mengganggu mereka saat membaca.

Berikut contoh tampilan optin yang menarik untuk dipasang di bawah POST :

http://i.imgur.com/6upOZzM.png

Berikut ini rekomendasi beberapa plugins :

1. WPsubscribers

2. Premium list magnet

3. http://www.maxblogpress.com/plugins/mofa/

 

Jumlah Kunjungan :19036

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.