Blog

Mengapa email autoresponder saya masuk ke folder spam ?

- Updated May 14, 2014

Setiap layanan email penerima, seperti yahoo, gmail, hotmail dll, mereka memiliki kriteria filter SPAM yang berbeda-beda. Dan sayangnya pula, mereka juga tidak menyediakan informasi tentang mengapa email bisa masuk spam ke pengirim email.

Masing-masing filter spam terus menerus berubah kriterianya, seiring dengan adanya tipe email spam yang baru, sehingga sebuah isi pesan yang sekarang bisa masuk di inbox, mungkin besok akan masuk spam box, apapun itu autoresponder yang Anda gunakan.

Ada beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk membuat semua pesan Anda masuk di inbox penerima / subscriber, salah satunya adalah ENGAGEMENT.

 

“Engagement”

Layanan email seperti Yahoo, AOL, Hotmail dan gmail, mereka menggunakan filter berdasarkan engagement atau interaksi untuk membantu mendeteksi spam. Jika subscriber banyak yang membuka email, membaca dan mengklik link, maka semakin besar kemungkinan semua pesan email Anda selanjutnya akan masuk di inbox mereka. Tetapi jika banyak subscriber yang menandai pesan Anda sebagai SPAM, maka kemungkinan besar pula semua pesan Anda berikutnya akan masuk di spambox subscriber lain.

Jika pesan Anda masuk spambox atau folder spam, dan banyak subscriber yang memindahkannya ke inbox atau menandai “bukan spam”, ini merupakan salah satu indikator positif yang dapat membantu pesan email Anda selanjutnya untuk masuk ke inbox.

 

Case

Ada beberapa kasus dimana saat calon subscriber memasukkan nama dan alamat email di optin form, lalu membuka email untuk konfirmasi, ternyata email konfirmasi masuk ke folder spam. Kenapa ini bisa terjadi?

Umumnya hal ini terjadi karena autoresponder Anda belum dikenali dengan baik oleh filter spam. Jika hal ini terjadi, silahkan tulis di halaman konfirmasi agar subscriber memeriksa di folder spam dan menandai “sebagai bukan spam”.

 

Kesimpulan :

Email marketing adalah salah satu cara untuk menjalin hubungan atau “RELATIONSHIP”. Jadi, tulislah bahasa email yang wajar seolah-olah Anda sedang menuliskannya untuk seseorang secara personal. Semakin natural, dan interaksinya semakin besar, maka peluang pesan Anda masuk inbox dan dibaca akan semakin besar.

Hal ini tentunya juga didukung oleh reputasi IP SMTP yang bagus atau tidak masuk dalam daftar black list, sehingga Anda hanya fokus pada penulisan pesan dan membuat interaksi saja.

Jumlah Kunjungan :24739

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.